Rabu, 30 Januari 2013

Latar Belakang Pesantren


Latar Belakang Pondok Pesantren Darul Huda Al-Ikhlas
Pesantren adalah Institusi iqomatuddin yang bertujuan membina dan meningkatkan femahaman, pernyataan dan pengalaman ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat.
Pesantren Darul Huda Al-Ikhlas merupakan  Pusat kegiatan belajar masyarakat yang merupakan lembaga yang sangat potensial bagi masyarakat yang berada di lingkungan dimana lembaga kami berada, karena itu Pesantren  Darul Huda Al-Ikhlas Kampung Pasirwaru 2 Rw 11 Desa Bagendit Kec.Banyuresmi Kab.Garut Prof. Jawa Barat,  sangat di butuhkan keberadaanya dan sangat di minati oleh masyarakat di lingkungan tempat lembaga kami berada khususnya penyelenggaraan pengajian dan baca kitab kuning serta telah Berusaha semaksimal mungkin untuk terus mendidik serta membina masyarakat dengan berbagai pola pendidikan, antara lain kegiatan formal dan kontinue setiap hari, TPA, Madrasah Diniyah, Pendidikan Pesantren,Majlis Ta’lim, Trenlat Dan Lainnya, Namun semuanya hanya di alokasikan di sarana kurang memadai..

Di lain pihak Pondok Pesantren Hudan khususnya penyelenggaraan program pengajian kitab kuning berkewajiban mendorong dan meningkatkan pelayanan sehingga dalam proses pembelajaran dapat di tingkatkan
Mengacu pada hal tersebut sangatlah di butuhkan sarana bangunan yang mendukung dalam berjannya  proses belajar mengajar pondok pesantrenDarul huda Al-ikhlas.

Melalui latar belakang pemikiran di atas, kami bermaksud membangun sarana prasarana   yang akan menunjang kearah tersebut, diantaranya pembangunan Ruang Belajar Serta Ruang Pondokan 2 Lantai dengan ukuran  12 x 4 m. 
Pembangunan ini mutlak di perlukan dengan alasan :
a.  Ruangan yang sa’at ini sangat tidak layak dan tidak sebanding dengan aktifitas kegiatan, terutama untuk ruang belajar.
b.  Meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan situasi dan lingkungan yang lebih layak
c.   Bahwa menjaga dan terus menyebar luaskan syi’ar agama Alloh di muka bumi menjadi tanggung jawab seluruh muslimimin di muka bumi tanpa terkecuali.
Bertolak dari pemikiran tersebut, serta dorongan oleh semangat untuk berperan aktiv menyumbangkan segala kemampuan yang di miliki serta niat untuk memakmurkan syi’ar islam, maka kami memohon bantuan bapak untuk turut serta membangun di tempat kami yang sangat membutuhkan.
A.  VISI, MISI DAN STRATEGI DASAR PENDIDIKAN DARUL HUDA AL-IKHLAS
1.     VISI
a.    Kondisi yang ingin diwujudkan adalah pusat pendidikan keluarga yang memberi kontribusi terhadap perkembangan akhlak dan kemampuan sehingga menjadi kebanggaan ummat yang  Islami serta dihargai dan diperhitungkan oleh masyarakat luas.
2.    MISI
a.        Missi yang dibawa  oleh pesantren Darul Huda Al-Ikhlas ini adalah :
b.   Pusat pendidikan anak dan remaja melalui penyelenggaraan TK, Diniyyah dan jenjang pendidikan pesantren yang bersumberkan kitab-kitab kuning.
c.    Pusat pembinaan keluarga menuju keluarga sakinah
d.  Membangun komunitas (masyarakat) muslim di lingkungan pesantren Darul Huda Al-Ikhlas yang melaksanakan ajaran islam secara cerdas, bertahap, berencana dan istiqomah.

B.    STRATEGI DASAR
1.   Senantiasa memelihara dan memanfaatkan kondisi yang telah dicapai hari ini secara maksimum sebagai modal mewujudkan hari esok yang lebih baik melalui perencanaan yang akurat, pelaksanaan yang tepat pengawasan yang ketat serta pendanaan yang hemat.
2.  Senantiasa memelihara dan mengembangkan kebersamaan serta persaudaraan (Ukhuwwah) diantara keluarga pesantren Darul Huda Al-Ikhlas
3.  Senantiasa meningkatkan SDM para fungsional dalam bidang akhlak, ketaqwaan, profesionalisme dan kesejahteraan.
4.  Senantiasa mempertajam konsep dan system pendidikan yang berorientasi kepada zaman dengan basis dan bendera system pendidikan Muhammad Rosululloh SAW.
5.  Mengembangkan kerjasama dengan semua pihak yang mempunyai niyat, komitmen dan misi yang sama dengan konsep maju bersama atau win-win solution terutama dalam pengadaan sarana dan prasarana.

C.    ARAH PENDIDIKAN
                                            I.  Kurikulum
·         Kurikulum yang dipakai oleh pesantren Darul Huda Al-Ikhlas adalah kurikulum umumnya TK/TKA, Diniyyah dan pesantren-pesantren yang mempelajari kitab-kitab Salafy ditambah beberapa pelajaran extra kurikuler sebagai penyempurnaan pendidikan.

                                           II.  Tenaga kependidikan
·         Yang dimaksud dengan tenaga kependidikan disini adalah staf pengurus pesantren, guru dan karyawan yang mendukung terselenggaranya proses belajar mengajar yang diambil melalui proses recruitmen tertentu sesuai dengan acceptable, capability dan accountability.

                                          III.  Standarisasi akhlak dan standar kegiatan santri minimal
·         Aqidah yang kokoh (Akar kepribadian)
a.    Iman kepada Alloh
b.    Iman kepada Malaikat
c.     Iman kepada kitab-kitab Alloh
d.    Iman kepada para Rosul
e.     Iman kepada hari Kiamat
f.     Iman kepada Qodlo dan Qodar

                                          IV.   Gemar Ibadah dan Mu’amalah (Batang kepribadian)
a.    Mempunyai bekal utama untuk beramal
b.    Disiplin dan istiqomah beramal sholeh
c.     Bermu’amalah dan transaksi secara islami

                                     V.   Akhlakul Karimah (Buah kepribadian)
·      Mempunyai jiwa muttaqin
·      Berbudi luhur dan menjadi rohmatan lil ‘alamin

Tidak ada komentar: