Latar Belakang Pondok Pesantren Darul Huda Al-Ikhlas
Pesantren adalah Institusi iqomatuddin
yang bertujuan membina dan meningkatkan femahaman, pernyataan dan pengalaman ajaran
Islam di tengah-tengah masyarakat.
Pesantren Darul Huda Al-Ikhlas
merupakan Pusat kegiatan belajar masyarakat yang merupakan
lembaga yang sangat potensial bagi masyarakat yang berada di lingkungan dimana
lembaga kami berada, karena itu Pesantren
Darul Huda Al-Ikhlas Kampung
Pasirwaru 2 Rw 11 Desa Bagendit Kec.Banyuresmi Kab.Garut Prof. Jawa Barat, sangat di butuhkan keberadaanya dan sangat di
minati oleh masyarakat di lingkungan tempat lembaga kami berada khususnya
penyelenggaraan pengajian dan baca kitab kuning serta telah Berusaha
semaksimal mungkin untuk terus mendidik serta membina masyarakat dengan
berbagai pola pendidikan, antara lain kegiatan formal dan kontinue setiap hari,
TPA, Madrasah Diniyah, Pendidikan Pesantren,Majlis Ta’lim, Trenlat Dan Lainnya,
Namun semuanya hanya di alokasikan di sarana kurang memadai..
Di lain pihak Pondok
Pesantren Hudan khususnya penyelenggaraan program pengajian kitab kuning
berkewajiban mendorong dan meningkatkan pelayanan sehingga dalam proses
pembelajaran dapat di tingkatkan
Mengacu pada hal tersebut
sangatlah di butuhkan sarana bangunan yang mendukung dalam berjannya proses belajar mengajar pondok pesantrenDarul
huda Al-ikhlas.
Melalui
latar belakang pemikiran di atas, kami bermaksud membangun sarana prasarana yang akan menunjang kearah tersebut,
diantaranya pembangunan Ruang Belajar Serta Ruang Pondokan 2 Lantai dengan ukuran
12 x 4 m.
Pembangunan ini mutlak
di perlukan dengan alasan :
a. Ruangan yang sa’at ini sangat tidak layak dan tidak
sebanding dengan aktifitas kegiatan, terutama untuk ruang belajar.
b. Meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan
situasi dan lingkungan yang lebih layak
c. Bahwa menjaga dan terus menyebar luaskan syi’ar
agama Alloh di muka bumi menjadi tanggung jawab seluruh muslimimin di muka bumi
tanpa terkecuali.
Bertolak dari pemikiran tersebut, serta dorongan
oleh semangat untuk berperan aktiv menyumbangkan segala kemampuan yang di
miliki serta niat untuk memakmurkan syi’ar islam, maka kami memohon bantuan
bapak untuk turut serta membangun di tempat kami yang sangat
membutuhkan.
A. VISI, MISI DAN STRATEGI DASAR PENDIDIKAN DARUL HUDA AL-IKHLAS
1. VISI
a.
Kondisi yang ingin
diwujudkan adalah pusat pendidikan keluarga yang memberi kontribusi terhadap
perkembangan akhlak dan kemampuan sehingga menjadi kebanggaan ummat yang Islami serta dihargai dan diperhitungkan oleh
masyarakat luas.
2. MISI
a. Missi
yang dibawa oleh pesantren Darul Huda Al-Ikhlas
ini adalah :
b. Pusat pendidikan anak dan remaja melalui penyelenggaraan TK,
Diniyyah dan jenjang pendidikan pesantren yang bersumberkan kitab-kitab
kuning.
c. Pusat
pembinaan keluarga menuju keluarga sakinah
d. Membangun komunitas (masyarakat) muslim di lingkungan pesantren Darul Huda Al-Ikhlas
yang melaksanakan ajaran islam secara cerdas, bertahap, berencana dan
istiqomah.
B.
STRATEGI DASAR
1.
Senantiasa
memelihara dan memanfaatkan kondisi yang telah dicapai hari ini secara maksimum
sebagai modal mewujudkan hari esok yang lebih baik melalui perencanaan yang
akurat, pelaksanaan yang tepat pengawasan yang ketat serta pendanaan yang
hemat.
2. Senantiasa memelihara dan mengembangkan kebersamaan serta
persaudaraan (Ukhuwwah) diantara keluarga pesantren Darul Huda Al-Ikhlas
3. Senantiasa meningkatkan SDM para fungsional dalam bidang akhlak,
ketaqwaan, profesionalisme dan kesejahteraan.
4. Senantiasa mempertajam konsep dan system pendidikan yang
berorientasi kepada zaman dengan basis dan bendera system pendidikan Muhammad
Rosululloh SAW.
5. Mengembangkan kerjasama dengan semua pihak yang mempunyai niyat,
komitmen dan misi yang sama dengan konsep maju bersama atau win-win solution
terutama dalam pengadaan sarana dan prasarana.
C.
ARAH PENDIDIKAN
I. Kurikulum
·
Kurikulum yang
dipakai oleh pesantren Darul Huda
Al-Ikhlas adalah kurikulum umumnya TK/TKA, Diniyyah dan pesantren-pesantren
yang mempelajari kitab-kitab Salafy ditambah beberapa pelajaran extra kurikuler
sebagai penyempurnaan pendidikan.
II. Tenaga kependidikan
·
Yang dimaksud
dengan tenaga kependidikan disini adalah staf pengurus pesantren, guru dan
karyawan yang mendukung terselenggaranya proses belajar mengajar yang diambil
melalui proses recruitmen tertentu sesuai dengan acceptable, capability dan
accountability.
III. Standarisasi akhlak dan standar kegiatan santri minimal
·
Aqidah yang kokoh
(Akar kepribadian)
a. Iman kepada Alloh
b. Iman kepada Malaikat
c. Iman kepada kitab-kitab Alloh
d. Iman kepada para Rosul
e. Iman kepada hari Kiamat
f. Iman kepada Qodlo dan Qodar
IV. Gemar Ibadah dan Mu’amalah (Batang kepribadian)
a.
Mempunyai bekal
utama untuk beramal
b.
Disiplin dan
istiqomah beramal sholeh
c.
Bermu’amalah dan
transaksi secara islami
V. Akhlakul Karimah (Buah kepribadian)
·
Mempunyai jiwa
muttaqin
·
Berbudi luhur dan
menjadi rohmatan lil ‘alamin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar